Monday, November 26, 2012

GALAU? I have no time!!


Sebelumnya saya harus kasih tau kalau GALAU itu BAHAYA!

Kenapa??

Kalo misalkan kita GALAU , ga enak rasanya.. 

Kita ga bisa Move On, trus enegg rasanya kayak ditarik-tarik,  kita ga bisa tenang, ga bisa senang, Dan kalo galau juga kita andaikan nih lagi deketin seseorang ,PDKTnya jadi KACAU

Kenapa? Karna pada saat kita  di depan orang itu kita maunya ngeluh-ngeluh, Nangis,   yang kita deketin mungkin aja bisa Simpati sama kita pada saat kita galau.

Tapi kalo keseringan kita Galau , dia enegg juga jadinya

Gimana rahasianya biar gak GALAU dan bisa MOVE ON?!?!?
Caranya adalah  Kita harus tahu dulu APA PENYEBAB KITA ITU GALAU??? Yang bikin kita GALAU itu SIAPA?

Arrgghh yang bikin gue galau itu Si A, Si B , Si C....
Atau , Kondisinya gak tepat..., inilah..., itulah..., apalah..., 
NO NO NO!!!

Yang menyebabkan Galau itu adalah DIRI ANDA SENDIRI.
Saya ulangi. Yang menyebabkan Galau itu adalah DIRI ANDA SENDIRI, bukan FAKTOR LUAR!!!

Faktor luar itu macem-macem. Tapi kalo kita bisa MENUTUP pintu hati kita untuk tidak toleransi terhadap perasaan Galau yang masuk, maka kita gak akan GALAU....

Kita harus bisa MENGONTROL PERASAAN DALAM DIRI KITA, Faktor luar itu  ga bisa di atur. 
Misalnya tiba-tiba ada  gempa bumi, tsunami , ada hujan, kita bisa atur ga??? GABISA!!

Yang bisa kita atur adalah perasaan dalam diri kita! Misalkan ada hujan trus tiba-tiba kita galau, yang bikin galau siapa?? Apakah hujannya? Engga ! Diri kita sendiri, krn diri kita mengijinkan situasi tersebut bikin kita galau.

Begitu juga dalam hal percintaan. 

Banyak lho by the way ini pacaran pasti adalah cowo2 yang punya cewe ato cewe2 yang punya cowo kayaknya Ngeluh muluu , Bete muluu . Ya kan?

Bete itu ga enak banget! Punya pasangan yang ngeluh mulu, bete mulu , trus dapet sesuatu yang indah, yang bagus , tapi gak pernah bersyukur! Ada aja yang kurang!! Dan  CAPEK banget pastinya punya pasangan seperti itu. Betul ga???

Sekarang gimana caranya kita mengantisipasi supaya kita gak Galau, supaya tetep BAHAGIA, tetep HAPPY, apapun yang terjadi??
Kita harus tau yang menimbulkan perasaan Galau itu PIKIRAN. PIKIRAN menimbulkan PERASAAN. PERASAAN ya kita rasain. PERASAAN menentukan TINGKAH LAKU 

Contohnya kalo kita mikirin aahh barusan gue diputusin sakit hati guee...       BEEMMMM!! Pada Saat itu juga, perasaan kita GALAU!! dan pada saat GALAU BEEEEMM!!! Kita gak ngapa2in.. Bete tau gasih..

Janjian sama temen di cancel smua, kalo misalkan lagi ngerjain tugas ancur semua tugasnya..
Ini gak beres, itu gak beres, semuanya tertunda,  temen2 pada marah gara-gara janjian, tapi gak jadi karna GALAU, 

Jadi ya prosesnya seperti ini.    PIKIRAN>>PERASAAN>>TINGKAH LAKU

Jadi kalo temen-temen mau BAHAGIA dan TIDAK GALAU, atau mau MOVE ON, yang harus DIRUBAH adalah PIKIRAN.., Bukan perasaan, Bukan Tingkah laku

Kebanyakan kan orang kalau lagi Galau  berfikir gimana ya cara ngerubah perasaan ini! Perasaan ini susah dirubah!.
Ya ia! Karna emg gak bisa dirubah, yang bisa dirubah PIKIRAN.
Kalo PIKIRAN dirubah, PERASAAN berubah. PERASAAN berubah, TINGKAH LAKU ya berubah!!!

Nah, kalo sekarang kita tahu biang kerok GALAU itu Pikiran, ya sudah, di "BUANG" aja PIKIRANNYA biar gak GALAU! Itu kuncinya

Pikiran kita selalu bekerja terus menerus. Kalau kita Gak mau Galau,  STOP Pikiran kita, dengan kata lain kita Gak mikir.Pada saat kita Gak mikir, kita mulai BERSYUKUR....

Sekarang coba temen-temen HENTIKAN Pikiran sama sekali, Bener-bener gak ada Pikiran, Gak ada Suara , Diam, Silence, dan bener-bener sadar akan sekeliling..

Coba lihat sekitar, dan temen-temen akan lihat  KEBAHAGIAAN , dan KESUNYIAN,  dan melihat barang baru itu Indah nya LUAR BIASA!!

Satu Kunci penting yang LUAR BIASA harus temen-temen inget!!! Pada saat kita BERSYUKUR ,Pada saat kita APA ADANYA, pada saat Gak terlalu BANYAK OMONGAN DIKEPALA KITA, Keluarlah yang namanya INSPIRASI.

Apa? Keluar yang namanya INSPIRASI.
INSPIRASI akan membawa kita ke Jalan yang benar, Inspirasi yang akan membuat hidup kita itu "kyknya keputusan yang kita buat  itu bener aja"..

Nah kalo dari sisi SPIRITUAL, yang percaya Tuhan, Pada saat kita mengosongkan pikiran, "Suara" itu turun, dan keluar Seperti, IDE, Sebagai IDE atau Kreativitas dalam kepala.. Makanya kita tahu harus buat apa saja, besok mau ngapain dan lain sebagainya.

REMEMBER!!! Satu hal yang BURUK terjadi karena ada sesuatu yang BAIK akan datang..

Tidak tahu berapa lamanya, entah seminggu, sebulan, setahunkah atau beberapa tahun kedepan, Kalau kamu lihat kebelakang, Suatu kejadian Buruk itu JUSTRU membelokkan kamu ke arah yang Benar. Tapi kamu Gak akan tahu itu, kalo kepala penuh PIKIRAN., 

Makanya harus dikosongkan BLANK, supaya inspirasi turun menjadi suatu ide.

Inspirasi TIDAK AKAN KELUAR pada saat kita MEMAKSAKAN DIRI . Tetapi  pada saat kita "BLANK" Kosong,  "Sudahlah Pasrah apa adanya, nikmati saat itu"  dan tiba-tiba muncul ide, Jangan Ragu, langsung ambil TAKE ACTION, itu biasanya membawa kita ke tempat yang kita Inginkan, dan itu LUAR BIASA!! AJAIB BANGET!!!

Itulah cara otak kita bekerja.

Jadi kalau ANTI GALAU    :     KOSONGKAN PIKIRAN; Terima aja bahwa Semua yang terjadi adalah sebuah PROSES menuju yang LEBIH BAIK.

Kita Harus percaya.. Kita belum bisa lihat sekarang, tapi 1 bulan, 2 bulan atau setahun kedepan,  baru kita lihat kebelakang , dan kita bisa lihat "Ooohh kalo itu terjadi ternya mengarahkan hidup gue menuju kesini, dan itu PROSES"



Jadi Masih ada waktu untuk GALAU????

EPEN KAHHH  ???


Jayapura, 27 November 2012
Alberto Brahm Manurung





No comments:

Post a Comment